Pengguna Instagram kini tak bisa sembarangan buat caption

Fitur baru Instagram akan memperingatkan pengguna setelah mereka menulis caption untuk posting-an di feed termasuk foto atau video.

Pengguna Instagram kini tak bisa sembarangan buat caption

Awal tahun ini Instagram meluncurkan fitur yang mampu menandai komentar yang berpotensi menyinggung sebelum di-posting. Kini Instagram memperluas fitur tersebut. 

Fitur baru itu akan memperingatkan pengguna setelah mereka menulis caption untuk posting-an di feed termasuk foto atau video. Jika pengguna mem-posting sesuatu yang menurut AI Instagram akan berbahaya, maka aplikasi akan menampilkan pemberitahuan yang mengatakan "terlihat mirip dengan yang lain yang telah dilaporkan."


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Caption Instagram kece dari lirik lagu Justin Bieber

Instagram hapus tombol IGTV di beranda

Caption Instagram kece dari The Simpsons


Peringatan itu akan mendorong pengguna untuk mengedit caption serta memberikan opsi untuk membatalkan posting-an. Dilansir The Verge (17/12), fitur ini mendorong pengguna untuk mempertimbangkan kembali caption posting-an yang berpotensi menyinggung. Ini juga merupakan bagian dari upaya Instagram menangkal bullying atau kata-kata yang bersifat menyinggung.

Kendati memberikan peringatan, fitur ini tak akan mencegah pengguna untuk mengunggahnya ke Instagram. Sebaliknya, Instagram hanya memberikan pengguna waktu untuk mempertimbangkan kembali caption unggahan mereka.

Selain membantu mengurangi perundungan online, Instagram berharap fitur ini mampu mengedukasi pengguna terkait hal-hal yang tidak diizinkan di Instagram. Selain itu, fitur itu pun mengedukasi pengguna terkait kapan akun berisiko dinonaktifkan karena melanggar aturan aplikasi. 

Instagram menyebut fitur baru ini diluncurkan di negara-negara terpilih. Namun perusahaan menjanjikan fitur serupa dirilis secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: