Pakai Unreal Engine 5.6, The Witcher IV tampil memukau di PS5
Dalam sebuah demo terbaru yang diunggah saat acara State of Unreal 2025, Epic Games dan CD Projekt Red pamer kemampuan Unreal Engine 5.6 melalui demo The Witcher IV di PS5.

Epic Games setiap tahun selalu memamerkan teknologi dan game terbaru mereka melalui acara State of Unreal. Dan pada ajang State of Unreal 2025 ini, mereka berkolaborasi dengan CD Projekt Red untuk memamerkan teknologi Unreal Engine generasi terbaru mereka.
Kali ini, mereka memamerkan kemampuan Unreal Engine 5.6 melalui demo teknis yang berlatar di dunia The Witcher IV. Demo ini menampilkan perjalanan Ciri melintasi pegunungan bersalju di Kovir dan kota pelabuhan Valdrest.
Memang, cuplikan kali ini bukan cuplikan resmi dari game yang sedang dikembangkan. Namun tetap saja apa yang ditampilkan kedua perusahaan tersebut membuat takjub para penggemar game di seluruh dunia.
Dilansir dari laman Engadget (4/6), ada beberapa fitur unggulan UE5.6 dalam demo kali ini. Yang pertama adalah fitur Fast Geometry Streaming Plugin, yang dimana memungkinkan pemuatan lingkungan open-world lebih cepat dengan frame rate yang lebih stabil.
Plugin ini mengurangi lag saat traversing (berpindah area) dan meningkatkan aliran data geometri statis seperti bangunan atau pepohonan. Demo berjalan di PS5 dengan 60 FPS dan ray tracing aktif, menunjukkan optimasi untuk konsol generasi saat ini.
Lalu, ada juga fitur Nanite Foliage. Teknologi ini adalah teknologi baru yang merender daun dan rantai sebagai objek 3D utuh, bukan tekstur datar. Ini memungkinkan hutan lebat dengan detail tinggi tanpa mengorbankan performa. Meski ditampilkan di UE5.6, fitur ini akan resmi dirilis di UE5.7.
Kemudian, ada juga fitur animasi dan kerumunan generasi terbaru yang dihadirkan melalui Unreal Animation Framework menghasilkan gerakan karakter yang realistis, sementara Mass AI menangani kerumunan hingga 300 NPC dengan animasi individual di pasar Valdrest. ML Deformer juga menambahkan detail seperti otot yang bergerak natural pada karakter.
Untuk saat ini, UE5.6 sudah dirilis dengan fitur eksperimen seperti Fast Geometry Streaming dan Control Rig Physics, memungkinkan pengembang dapat membangun skenario open-world yang lebih besar dan imersif dengan performa stabil.
Tools ini akan dibuka untuk semua pengguna UE5, tidak hanya untuk CD Projekt Red, sehingga studio lain bisa memanfaatkannya untuk game mereka.
Sedangkan di sisi lain, CD Projekt Red menegaskan bahwa The Witcher IV (judul sementara) tidak akan dirilis sebelum 2027. Game ini menjadi awal saga baru dengan Ciri sebagai protagonis, dan dikembangkan menggunakan UE5 sebagai bagian dari kemitraan jangka panjang dengan Epic Games.