sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
Kamis, 30 Apr 2020 10:34 WIB

Oscar akan pertimbangkan film streaming masuk nominasi

Banyaknya judul film bioskop yang diundur, membuat Oscars tidak punya pilihan lain selain mempertimbangkan film yang berasal dari layanan streaming untuk masuk nominasinya.

Oscar akan pertimbangkan film streaming masuk nominasi
Source: Oscars

Kita tahu pandemi virus corona telah memberikan pukulan keras pada industri perfilman. Telah banyak terjadi penutupan bioskop dan mundurnya jadwal tayang film-film yang akan rilis. Melihat hal ini, ajang penghargaan Oscars pun melakukan adaptasi dengan memungkinkan film-film yang tayang di layanan streaming menerima nominasi.

Untuk diketahui, pada tahun-tahun sebelumnya sulit bagi film yang diproduksi oleh perusahaan streaming seperti Netflix dan Amazon untuk masuk ke Oscars yang memiliki aturan khusus untuk film tersebut. Aturan tersebut telah memicu perdebatan tentang ajang penghargaan akademi yang tidak ingin berkembang mengikuti perubahan zaman. 

Terlebih melihat kondisi film-film box office yang kini jadwal penayangannya diundur. Karena itu, timbul pertanyaan bagaimana upacara penghargaan Oscars 2021 dapat berjalan dengan terbatasnya judul film yang memenuhi syarat.

Tapi sekarang, Oscars tampaknya tidak memiliki pilihan lain selain berevolusi. Sebuah pernyataan resmi Oscars yang di-posting di situs resmi Oscarsweb mengungkapkan untuk tahun ini saja film-film yang memulai debutnya pada layanan streaming atau rilis VOD akan dipertimbangkan.

"Sampai pemberitahuan lebih lanjut, dan hanya untuk (ajang penghargaan) ke-93 (2021), hanya film-film yang memiliki rencana rilis teater tetapi pada awalnya tersedia pada streaming komersial atau layanan VOD dapat memenuhi syarat dalam kategori Film Terbaik, entri umum dan khusus untuk Penghargaan Academy ke-93," tulis Oscars.

Oscars selanjutnya juga mengatakan bahwa peraturan akan berhenti berlaku ketika bioskop dibuka kembali pada saat aman bagi mereka untuk melakukannya. Film streaming yang dirilis setelah bioskop dibuka kembali harus mematuhi aturan asli - di mana film harus memiliki pemutaran film teater eksklusif selama setidaknya tujuh hari. 

Keputusan tersebut akan menjadi langkah besar bagi Oscars menuju normalisasi upacara penghargaan tahun ini. Meskipun akan terasa aneh - seperti tahun-tahun sebelumnya - tapi setidaknya memberikan kesempatan bagi film yang sebelumnya diabaikan agar menerima nominasi.

Share
back to top