Ini jumlah penonton Stranger Things 3 menurut Nielsen

Nielsen baru saja merilis hasil riset mengenai jumlah penonton Stranger Things 3. Meski tidak terlalu sesuai dengan klaim Netflix, namun riset ini menunjukkan bahwa Stranger Things 3 meraih banyak penonton.

Ini jumlah penonton Stranger Things 3 menurut Nielsen Source: Netflix

Nielsen Media Research baru saja merilis rating musim ketiga serial Stranger Things. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa jumlah penonton Stranger Things 3 pada empat hari pertama jauh lebih tinggi ketimbang musim sebelumnya. Riset ini mempertegas pernyataan Netflix kalau tayangan tersebut berhasil memecahkan rekor baru. 

Dilansir dari TheVerge (13/7), beberapa waktu lalu Netflix mengumumkan setidaknya ada 40,7 juta akun yang sudah menyaksikan musim ketiga Stranger Things sejak mereka rilis pada 4 Juli lalu. Netflix bahkan mengklaim bahwa jumlah penonton film ini jauh lebih banyak dari jumlah penonton tayangan Netflix lainnya pada rentang waktu yang sama. Perusahaan itu mengatakan satu “view” akan terhitung jika satu akun sudah menyaksikan sekitar 70 persen episode dalam Netflix. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Midsommar, tragedi putus cinta dalam balutan horor epik

Untuk beli tiket bioskop, warga Jakarta perlu kerja 1,6 jam

Prediksi debut film Joker bisa raup USD50 juta


Sayangnya, jumlah itu sedikit berbeda dengan yang diberikan Nielsen. Menurut riset Nielsen, ada sebanyak 19,17 juta penonton yang sudah menyaksikan episode pertama Stranger Things 3 selama 4 hingga 8 Juli lalu. Jumlahnya memang melampaui musim kedua yang hanya berhasil mengumpulkan penonton sebanyak 17,7 juta. 

Jumlah penonton itu kemudian berkurang seiring berjalannya waktu. Rata-rata, ada 8,86 juta penonton di setiap episodenya. Yang mengejutkan adalah, ada sekitar 1,35 juta penonton yang melewati episode ketujuh untuk langsung menuju episode akhir di Stranger Things 3. Tak hanya itu, riset Nielsen juga menyatakan bahwa ada 824 ribu orang yang sudah menyaksikan seluruh episode Stranger Things 3 pada 4 Juli lalu. 

Nielsen sudah sejak lama diketahui memproduksi rating untuk televisi. Kemudian lembaga penelitian ini mulai melirik layanan streaming selama beberapa tahun belakangan ini. Hasil riset yang disajikan Nielsen memang tidak sejalan dengan klaim yang diberikan Netflix. Namun harus diketahui bahwa riset Nielsen ini hanya melibatkan penonton yang menyaksikan Stranger Things 3 melalui perangkat televisi.  Layanan streaming ini bahkan pernah menyatakan bahwa riset yang dilakukan Nielsen tidak akurat. Pasalnya Nielsen tidak memperhitungkan penonton yang mengakses layanan ini dari perangkat selain televisi. 

Sejauh ini tidak diketahui secara pasti ada berapa banyak penonton yang menyaksikan tayangan Stranger Things 3 secara total. Pasalnya Netflix belum pernah memberikan jumlah penonton yang disertai dengan data valid. Namun perusahaan ini sebelumnya menyatakan berniat untuk lebih transparan dengan menyertakan rating pada tayangan populer di platform-nya. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: