sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
Jumat, 28 Agst 2020 12:42 WIB

High Score, serial dokumenter yang menarik pemirsa ke dunia gim

Netflix secara pintar merangkai keseluruhan serial dokumenter ini, menjadikan High Score lebih dari dokumenter berisi sejarah industri gim saja.

High Score, serial dokumenter yang menarik pemirsa ke dunia gim
High Score (Credit : Netflix)

Pertama kali mendengar kata film dokumenter, hal yang pertama kali tersirat di pikiran kita adalah sebuah film membosankan yang berisi seseorang mengoceh topik tertentu. Hingga saat ini, masih sedikit film dokumenter, apa lagi berseri, yang menarik di mata pemirsa.

Tapi, Netflix berhasil mendobrak apa yang sudah tertanam di pikiran saya. Melalui High Score, mereka menampilkan sebuah film dokumenter berisi enam episode yang merangkum perjalanan industri gim dari awal hingga dimulainya zaman gim modern.

Tiap episode memiliki inti cerita tersendiri. Mereka mengorek cerita secara dalam, tapi dikemas sangat menyenangkan. Di setiap cerita, mereka berhasil mendapatkan narasumber yang sangat hebat. Bahkan, saya pun sampai merasa tertarik ke dalam dunia gim itu sendiri.

Di episode pertama misalnya, mereka berhasil menghadirkan Tomohiro Nishikado, pencipta dari Space Invaders. Di cerita ini, mereka tak hanya mewawancara Nishikado, melainkan juga berhasil menampilkan buku catatan Nishikado yang berisi bagaimana logika dari gim tersebut, meski hanya sedikit.

Netflix juga memberikan pandangan lain dari industri gim. Mereka membicarakan sejarah dari industri gim tak hanya dari sisi produsen saja. Melainkan mereka mengundang gamer di serial ini. Bukan gamer biasa, namun mereka mengundang para “juara”.

Misalnya di episode keempat, mereka memunculkan Chris Tang yang merupakan juara dari Sega World Championships yang diselenggarakan pada 1994 silam. Mereka memasukkan cuplikan pertandingan tersebut di dalam dokumenter, yang kala itu disiarkan oleh MTV.

Tak ketinggalan, mereka juga berhasil menemukan banyak plot twist di dalam serial ini, memberikan sebuah cerita yang masih berkaitan dengan industri tersebut namun sering kali dilupakan oleh orang lain.

Misalnya, di salah satu episode mereka menampilkan anak dari Jerry Lawson. Jerry memang tak banyak dikenal oleh orang dikarenakan dia adalah orang kulit hitam, dan di era 80-90 an, mereka mendapatkan banyak diskriminasi.

Jerry adalah seorang insinyur yang disebut sebagai penemu pertama bagaimana konsol gim bisa memiliki berbagai gim menggunakan catridge. Soalnya, kala itu konsol gim hanya datang dengan 1 gim didalamnya. 

Tak ketinggalan, mereka juga menampilkan Rebecca Heineman, seorang pengembang gim dan pemenang kompetisi Nintendo pertama dan juga seorang transgender. Tak ketinggalan, mereka juga menampilkan Ryan Best yang merupakan bagian dari komunitas LGBT. Tentu saja, Netflix menekankan banyak hal di dalam serial ini.

Selain cerita yang dalam, Netflix juga menampilkan banyak sentuhan visual yang sangat menarik. Hal ini membuat pengalaman saya menyaksikan dokumenter mengenai industri gim tersebut sangat menyenangkan.

Saya pun tak sabar menantikan apakah Netflix memutuskan untuk membuat season terbaru dari High Score atau tidak. Jika iya, saya tak sabar untuk menantikannya. Dan jika kalian tertarik dengan sejarah industri gim atau mencari hiburan yang berbeda untuk akhir pekan ini, kalian wajib menyaksikan dokumenter ini. 

Share
×
tekid
back to top