China perketat aturan gim, judul gim harus sesuai budaya

Dirancang bersama Komite Etika Game Online, regulator melalui aturan itu akan memutuskan apakah sebuah gim sesuai dengan "nilai sosial" China.

China perketat aturan gim, judul gim harus sesuai budaya

China telah merancang proses perizinan baru untuk gim yang dipasarkan di negaranya. Untuk diketahui, China merupakan pasar gim terbesar di dunia. Namun semua penerbit gim harus mengirimkan gim mereka ke pemerintah. Hal ini terkait dengan tinjauan konten dan monetisasi gim tersebut. 

Dengan aturan baru ini, proses peluncuran gim di China akan menjadi sulit. Proses perizinan baru ini telah ditangguhkan pada April 2017, saat China memperkenalkan regulator baru - State Administration of Press and Publication (SAPP). Lembaga tersebut kemudian mulai menyetujui peluncuran gim lagi pada Desember lalu. Sejak saat itu tercatat seribu judul gim yang telah diizinkan China masuk ke negaranya.


BACA JUGA

Microsoft ingin kurangi tingkat ‘toxic gamer’

Microsoft umumkan gim Minecraft: Earth AR

Ubisoft bakal perkenalkan Watch Dogs 3 di ajang E3 2019


Dilansir Venture Beat (20/4), SAPP menghentikan proses perizinan lagi pada Februari. Selanjutnya regulator tersebut akan mulai meninjau gim lagi saat sistem perizinan baru diberlakukan akhir bulan ini.

SAPP menggelar konferensi pada 10 April untuk menetapkan aturan perizinan baru. Wakil Direktur Biro Penerbitan dari Departemen Propaganda Pusat China - Feng Shixin mencatat gim online di negaranya menghasilkan USD30 miliar per tahun. Dia juga mengatakan industri gim tumbuh dengan cepat hingga memiliki lebih dari 600 juta gamer. Sayangnya aturan yang berlaku saat ini belum bisa mengimbangi pertumbuhan tersebut. 

Perizinan baru dibuat pada Desember 2018. Dirancang bersama Komite Etika Game Online, regulator melalui aturan itu akan memutuskan apakah sebuah gim sesuai dengan "nilai sosial" China. Penerbit juga harus menyerahkan software melalui proses pengajuan baru.

China juga akan lebih ketat atas jenis-jenis gim yang disetujui. Ini menunjukkan lebih banyak pengawasan untuk gim-gim yang masuk ke China. Pemerintah juga akan membatasi jumlah judul poker dan mah-jong yang dipasarkan. Pada 2017, 37% dari 8.561 gim yang disetujui merupakan poker dan mah-jong. 

Gim di China pun harus mematuhi aturan baru terkait "anti-kecanduan". Aturan ini menargetkan waktu bermain gim dan batas uang yang bisa dihabiskan anak di bawah umur saat bermain gim. Bersamaan dengan perizinan baru itu, regulator juga akan mengatur judul gim yang difokuskan pada budaya tradisional. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: