Berkarya bukan sekadar menggambar

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Kamis, 21 Jun 2018 17:27 WIB

Sebagai ilustrator untuk berbagai media, nama Kishida Mel sudah tidak asing lagi di telinga penggemar pop culture Jepang

Siapa bilang hobi menggambar tidak bisa menghasilkan? Di era digital saat ini, pekerjaan sebagai ilustrator cukup banyak dibutuhkan. Medianya juga beragam, tidak hanya sekadar media cetak seperti majalah, buku, novel, atau komik. Media digital seperti gim juga kini membutuhkan ilustrator bertalenta untuk menciptakan produk berkualitas tinggi.

Mulai dari studio gim lokal, hingga kaliber besar seperti Ubisoft, Bethesda, Square Enix, Bandai Namco Studios, dan lain-lain, semuanya membutuhkan ilustrator dan desainer karakter. Tugasnya adalah membuat ilustrasi karakter untuk di dalam gim. Sekilas ini memang tampak seperti pekerjaan sepele, namun nyatanya menjadi ilustrator dan desainer karakter butuh dedikasi dan passion yang sangat tinggi.

Setidaknya itulah yang diungkapkan oleh Kishida Mel, saat saya temui di sela-sela acara Creators Super Fest 2018 yang diadakan di Jakarta beberapa waktu lalu. Kishida Mel merupakan seorang ilustator sekaligus desainer karakter asal Jepang yang telah banyak terlibat di proyek film animasi Jepang (anime), video gim, hingga membuat ilustrasi untuk light novel dan berbagai buku.

Tidak sekadar "menggambar"

Ini adalah pertama kali saya bertemu dengan Kishida Mel. Sebelumnya, saya sudah cukup lama mendengar namanya, karena saya sendiri memang sangat mengikuti perkembangan dunia pop culture Jepang. Nama Kishida Mel memang sangat terkenal karena gaya menggambarnya yang khas dan ia merupakan salah satu desainer karakter yang punya banyak penggemar.

Bertemu dengan Kishida Mel tentu merupakan kesempatan emas bagi saya, dan mungkin ini adalah satu-satunya kesempatan saya berbincang dengannya secara langsung. Di luar dugaan, Kishida Mel merupakan sosok yang cukup nyentrik. Dia sama sekali tidak canggung saat diwawancarai dan sangat blak-blakan bahkan ketika ditanya soal pribadinya.