YouTube jajal fitur video 1080p Premium, apa bedanya?

Oleh: Monique Handa Shafira - Senin, 27 Feb 2023 14:24 WIB

YouTube memperkenalkan fitur resolusi video 1080p premium, ada perbedaan signifikan dengan versi standar.

YouTube baru-baru ini dilaporkan sedang melakukan pengujian bagi para pengguna premium di platform mereka. Kali ini, mereka melakukan uji coba fitur kualitas streaming yang lebih baik jika dibandingkan dengan pengguna gratisan.

Pihak YouTube mengungkapkan fitur ini akan menawarkan kualitas video 1080p premium. Untuk sementara ini, fitur tersebut sedang diuji coba untuk beberapa pengguna YouTube Premium di beberapa negara.

Beberapa pengguna premium platform streaming milik Google tersebut membicarakan fitur ini di beberapa platform, salah satunya di Reddit. Menanggapi hal tersebut, juru bicara YouTube, Paul Pennington mengatakan bahwa saat ini kualitas video 1080p Premium tersedia untuk “sekelompok kecil pelanggan YouTube Premium”.

“1080p Premium memiliki bitrate 1080p yang disempurnakan, di mana memberikan lebih banyak informasi per piksel yang menghasilkan pengalam menonton berkualitas lebih tinggi,” kata Paul, seperti dikutip dari The Verge (27/2).

Paul menambahkan bahwa tidak ada perubahan untuk resolusi 1080p (HD) di YouTube. Kendati demikian, bukan berarti pengguna harus berlangganan YouTube Premium jika ingin menikmati video dengan kualitas 1080p.