YouTube catat jumlah penonton harian Shorts tembus 200 miliar pemirsa
Dalam sebuah pengumuman terbaru, YouTube mengaku platform Shorts melampaui 200 miliar pemirsa setiap hari.
TikTok dan Instagram disebut-sebut sebagai platform yang paling banyak dituju oleh remaja untuk menyaksikan tayangan video. Tak jarang, pengguna platform tersebut juga melakukan siaran langsung untuk berbagai hal, mulai dari berjualan hingga berbagi keseharian mereka di platform tersebut.
Tapi, baru-baru ini YouTube membuat pernyataan yang cukup kontroversial, dimana CEO YouTube, Neal Mohan mengatakan bahwa YouTube Shorts kini mencatat rata-rata 200 miliar views setiap hari, melonjak hampir tiga kali lipat dari 70 miliar views harian pada Maret 2024.
Jika benar, angka ini menempatkan YouTube Shorts jauh di atas TikTok, yang menurut data terakhir hanya meraih sekitar 70 miliar views per hari pada periode yang sama. Popularitas Shorts yang terus meroket menandai perubahan besar dalam lanskap video pendek global, dengan YouTube kini menjadi raja baru di segmen ini.
Tidak hanya di ranah mobile, YouTube juga mencatat rekor baru di ruang keluarga. Data Nielsen menunjukkan pada Mei 2025, YouTube menguasai 12,5% pangsa penonton TV di Amerika Serikat, mengalahkan semua streamer dan stasiun TV tradisional untuk keempat bulan berturut-turut. Lebih dari satu miliar jam video YouTube ditonton di televisi setiap hari, dan untuk lebih dari separuh dari 100 channel YouTube paling populer di dunia, TV kini menjadi layar utama yang paling banyak digunakan penonton mereka.
Dilansir dari laman Phone Arena (1/7), fenomena ini membuktikan bahwa dominasi YouTube tidak hanya di ponsel dan desktop, tetapi juga di ruang tamu, bersaing langsung dengan layanan streaming premium dan siaran konvensional. Perubahan perilaku penonton ini juga didorong oleh adopsi smart TV dan perangkat streaming seperti Roku dan Fire TV.