VW segera pakai colokan charger Tesla, Toyota masih belum buka suara

Oleh: Erlanmart - Kamis, 06 Jul 2023 17:06 WIB

VW dalam pembicaraan untuk mengadopsi colokan pengisian kendaraan listrik milik Tesla, tetapi Toyota belum ada kabar.

Tesla telah meraih sejumlah kemenangan dalam pengisian daya kendaraan listrik dalam beberapa minggu terakhir, dengan Ford, GM, Volvo, Polestar, dan Rivian semuanya mengumumkan rencananya untuk mengadopsi konektor pengisian daya Tesla di mobil listrik mereka. Namun masih ada beberapa penangguhan penting, dan bisa saja keputusan ini berubah di masa mendatang.

Volkswagen, salah satu pembuat mobil terbesar di dunia, dengan merek seperti Audi, Bentley, Bugatti, Porsche, dan Lamborghini di bawah payungnya, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sedang dalam pembicaraan dengan Tesla mengenai pemasangan port di mobil listrik yang kompatibel dengan colokan Tesla.

Dilansir dari The Verge (6/7), pernyataan tersebut menyusul berita bahwa Electrify America, operator stasiun pengisian kendaraan listrik, akan segera menambahkan colokan pengisian Tesla, juga disebut North American Charging Standard (NACS).

“Kami menyambut akses ke infrastruktur pengisian daya tambahan untuk pelanggan kami di Amerika Utara dan selalu bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengisian daya melalui standar terbuka dan interoperabilitas yang mulus,” kata Michael Steiner, anggota dewan eksekutif VW sebagaimana dilansir dari The Verge.

Menambahkan VW ke koalisi NACS yang sedang tumbuh pasti akan menjadi keunggulan CEO Tesla Elon Musk. Pembuat mobil tersebut saat ini adalah penjual kendaraan listrik No. 4 di Amerika Utara, di belakang Tesla, Ford, dan GM, dan merupakan perusahaan mobil terbesar di Eropa. Jika VW mengadopsi NACS, merek Eropa lainnya seperti BMW dan Mercedes kemungkinan akan mengikuti.