UI: GoPay tingkatkan inklusi keuangan UMKM

Oleh: Lysti Rahma - Kamis, 07 Okt 2021 13:51 WIB

Ekosistem keuangan digital dibawah Grup GoTo yaitu GoTo Financial, terbukti meningkatkan inklusi keuangan bagi pelaku UMKM dan konsumen.

Ekosistem keuangan digital dibawah Grup GoTo yaitu GoTo Financial, terbukti meningkatkan inklusi keuangan bagi pelaku UMKM dan konsumen. Klaim ini berasal dari penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Demografi FEB UI. Solusi teknologi GoTo Financial disebut menjadi pintu pertama bagi masyarakat luas mengakses dan menggunakan layanan dan produk keuangan digital yang lebih luas. 

Lembaga Demografi FEB UI (LD FEB UI) adalah lembaga penelitian terdepan yang mengadopsi konsep pembangunan berwawasan kependudukan. Di tahun ini, Lembaga Demografi FEB UI membuat riset yang berjudul “Peran GoTo Financial terhadap Inklusi Keuangan Indonesia Tahun 2021.“ 

Riset itu menyebutkan ekosistem keuangan digital GoTo Financial bantu masyarakat unbanked dan underbanked mengakses layanan keuangan formal, dimana 1 dari 4 konsumen yang belum pernah terekspos jasa perbankan sekarang memakai layanan perbankan setelah menggunakan GoPay.

GoPay juga menjadi gerbang pembuka akses keuangan digital, dengan 60% UMKM dan 46% konsumen pertama kali bertransaksi non-tunai menggunakan GoPay. Hampir setengah (49%) mitra usaha menggunakan produk GoTo Financial sebagai platform digital untuk membantu mereka berjualan online pertama kali. 

“Saat pandemi, pemanfaatan platform digital meningkat dengan pesat, termasuk layanan keuangan digital. Metode pembayaran elektronik bahkan menggantikan cash sebagai metode pembayaran utama. Kami memilih GoTo Financial karena mereka memiliki ekosistem layanan keuangan yang komprehensif bagi konsumen dan pelaku UMKM di Indonesia, tidak hanya uang elektronik,” kata Turro Wongkaren, Ph.D., Kepala LD FEB UI.