Tutorial jago Excel dengan bantuan ChatGPT

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 08 Apr 2023 09:36 WIB

Di antara semua hal lain yang dapat dilakukan, ChatGPT juga dapat membantu pengguna menuliskan rumus Excel.

Source: Unsplash

Tidak semua orang ahli Microsoft Excel. Bahkan, Saya pun angkat tangan kalau diminta menuliskan rumus yang diperlukan untuk kumpulan data tertentu. Untungnya, zaman semakin canggih dan kita tidak perlu membayar untuk jasa tersebut. Chatbot AI dari OpenAI menawarkan jasa ini secara cuma-cuma, tapi jangan percaya keakuratannya 100%.

Ya, dia adalah ChatGPT. Di antara semua hal lain yang dapat dilakukan, ChatGPT juga dapat menulis rumus Excel. Digital Trends (8/4) baru-baru ini membagikan cara memanfaatkan ChatGPT untuk keperluan Excel dan langkah-langkahnya cukup mudah diikut. 

Langkah 1: Pertama-tama, yang harus disiapkan adalah akun OpenAI untuk mengakses ChatGPT dan spreadsheet Microsoft Excel yang berisi kumpulan data. Dalam contoh, Excel berisi tabel sederhana produk, layanan, harga yang diproyeksikan, dan harga aktualnya.

ChatGPT diminta mencarikan rumus untuk menghitung selisih antara harga yang diproyeksikan dan harga sebenarnya untuk setiap produk atau layanan yang tercantum (Kolom D), dan subtotal Kolom B, C, dan D.