Trafik internet meningkat, ini tren aktivitas online saat pandemi

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 30 Sep 2020 20:41 WIB

WFH dan SFH turut meningkatkan trafik layanan operator seluler di Indonesia. Catatan Telkomsel menunjukkan kenaikan trafik hingga lebih dari 23%. 

Source: Pexels

Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk memusatkan aktivitas di rumah. Mulai dari sekolah, bekerja hingga beribadah, kini mayoritas dipusatkan di rumah guna meminimalisir penyebaran virus.

Bekerja di rumah atau Work from Home (WFH) dan sekolah dari rumah atau School from Home (SFH) sendiri, mengandalkan jaringan internet. Hal ini turut meningkatkan trafik layanan operator seluler di Indonesia. Catatan Telkomsel menunjukkan kenaikan trafik hingga lebih dari 23%. 

Jika dibandingkan dengan sebelum pandemi, kenaikan trafik Telkomsel hanya tercatat 1,1% dari bulan ke bulan. Sementara sejak awal tahun 2020, dimana pandemi mulai melanda beberapa negara, trafik Telkomsel mulai melonjak hingga 6,5%. Peningkatan ini terus terjadi setidaknya hingga Agustus 2020.

"Sebelum pandemi, kenaikan trafik cukup landai, hanya 1,1%. Mulai Maret, dimana mulai WFH, sudah mulai naik signifikan secara month on month. Di April, banyak yang PSBB, kenaikan trafik makin tinggi lagi. Tetapi setelah itu ada fenomena menarik ketika masuk Agustus, ada kenaikan signifikan," kata GM Enterprise Prime Segment and Digital Network Telkomsel - Wahyudi Purnama dalam talkshow bersama Forum Wartawan Teknologi (Forwat) pada Rabu (30/9).