Tips memilih proyektor yang cocok untuk Anda

Oleh: Erlanmart - Rabu, 03 Agst 2022 13:21 WIB

Saat ini terdapat banyak pilihan proyektor untuk digunakan. Selain itu, ada beragam pula istilah yang digunakannya. Simak tips ini sebelum membeli proyektor.

Proyektor selama ini dikenal sebagai alat presentasi dalam bisnis dan hiburan. Proyektor juga seringkali digunakan pada sistem home theater kelas atas. Namun, saat ini sudah banyak proyektor yang ditawarkan lebih terjangkau, sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengguna. Di pasar, ada banyak pilihan proyektor dengan beragam fitur yang ditawarkan. Namun, agar tidak salah pastikan Anda mengerti fitur apa saja yang harus diperhatikan saat ingin membeli proyektor.

Berikut ini ada beberapa tips sebelum Anda membeli proyektor yang dirangkum dari lifewire.com

1. Sumber cahaya

Selain teknologi LCD dan DLP, Anda harus mempertimbangkan apakah sumber cahaya di proyektor adalah lampu, LED, atau laser. Ketiga opsi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing:

Proyektor yang menggunakan sumber cahaya lampu konvensional perlu diganti sekitar 3.000 hingga 4.000 jam penggunaan. Namun, beberapa proyektor memberikan daya tahan lampu hingga 5.000 jam.