Thunderbolt genap berusia 10 tahun

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 26 Feb 2021 11:15 WIB

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011 sebagai konektor multi guna, kini Thunderbolt sudah menjadi standar di sebuah laptop modern.

Pada tahun 2011, Intel secara resmi memperkenalkan satu port input/output (I/O) milik mereka, yakni Thunderbolt. Ini merupakan salah satu konektor pelengkap yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melakukan banyak hal.

Pada kala itu, pengguna disodorkan beberapa pilihan konektor di komputer dan laptop mereka. Ada port USB untuk data, port Ethernet untuk internet, serta DisplayPort, HDMI, serta VGA untuk video.

Keunggulan yang ditawarkan Intel dari Thunderbolt adalah kepraktisan, dimana dengan menggunakan satu konektor saja, yakni Thunderbolt, pengguna dapat melakukan banyak hal sekaligus.

Ya, hal ini dikarenakan Thunderbolt memiliki kemampuan untuk mengirimkan data dan sinyal video dalam satu kabel saja. Pada saat itu, Thunderbolt memiliki kecepatan transfer data yang sangat mencengangkan.

Mereka mengklaim bahwa pengguna dapat mentransfer film definisi tinggi berdurasi penuh dalam waktu kurang dari 30 detik dan mencadangkan pemutaran musik MP3 terus-menerus selama setahun penuh hanya dalam 10 menit.