Ide tak terduga di balik desain logo ikonik Apple

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 04 Jul 2022 10:49 WIB

Banyak teori mengatakan logo tersebut berhubungan dengan tokoh terkenal di dunia sains dan agama. Namun, alsan di balik logo tersebut sebenarnya jauh lebih sederhana dari itu.

Logo Apple adalah salah satu contoh branding yang paling berbeda di dunia. Perusahaan telah menggunakan logo siluet apel dengan gigitan hampir sepanjang sejarahnya. Banyak teori mengatakan logo tersebut berhubungan dengan tokoh terkenal di dunia sains dan agama. Namun, alasan di balik logo tersebut sebenarnya jauh lebih sederhana dari itu.

Jauh sebelum logo apel digunakan pertama kali pada 1977, logo Apple adalah gambar Isaac Newton yang sedang berada di bawah pohon. Dalam gambar tersebut, Newton kejatuhan apel yang diduga telah menginspirasinya untuk mulai mengerjakan teori gravitasi.

Cerita di balik logo itu membawa orang-orang percaya bahwa logo selanjutnya, yakni apel yang digigit, terinspirasi dari kisah ilmuwan lainnya, yaitu Alan Turing yang disebut sebagai bapak komputasi modern. 

Siapa itu Alan Turing?

Alan Turing lahir pada 1912, dan pada tahun 1930-an, dimana menciptakan dasar komputer modern. Turing menemukan algoritma dan gagasan mesin komputasi yang dapat menjalankan algoritma tersebut. 

Pada akhir 30-an dan awal 40-an, peran Turing dalam memecahkan kode dianggap sebagai bagian penting dari upaya perang sekutu. Ini termasuk pencapaiannya memecahkan kode Enigma, yang dianggap tidak mungkin menurut orang Jerman.