Sah! Telkom dan IndiHome resmi merger setelah dapat restu dari Telkom dan Singtel

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 06 Apr 2023 13:36 WIB

Penggabungan Telkomsel dan IndiHome sah dilakukan, pelanggan akan dapat keuntungan dari Fixed Mobile Convergence (FMC).

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Telkomsel secara resmi menandatangani Perjanjian Pemisahan Bersyarat (Conditional Spin-off Agreement/CSA) untuk mengintegrasikan IndiHome ke Telkomsel. Hal ini sejalan dengan inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC), yang menjadi tren di kalangan industri telko selama beberapa tahun terakhir.

Alasan mengapa dilakukannya FMC ini adalah sebagai bagian penting dalam mengimplementasikan strategi TelkomGroup untuk menyediakan variasi layanan broadband terbaik, memperkuat bisnis, dan mewujudkan inklusi digital di Indonesia.

Transaksi ini mendapat dukungan dari Telkom dan Singtel sebagai pemegang saham Telkomsel. Integrasi ini juga sejalan dengan strategi Singtel untuk terus mengembangkan bisnis dan memperkuat komitmennya di Indonesia.

Menurut data Telkom, saat ini IndiHome memiliki total 75,2% pangsa pasar di Indonesia. Mereka juga mengklaim bahwa layanan mereka sebagai yang memiliki pertumbuhan tercepat di dunia dengan tingkat penetrasi sekitar 14% serta sebesar 40% di Asia Tenggara.

Dalam rilis yang diterima redaksi Tek.id (6/4), disebutkan bahwa ARPU fixed broadband dikatakan enam kali lebih tinggi dari ARPU milik seluler di Indonesia. Dan dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat, fixed connection pun dipastikan tumbuh signifikan.