Taksi Blue Bird kini dilengkapi perangkat IoT

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 24 Okt 2019 15:29 WIB

Blue Bird juga bekerja sama dengan IBM Indonesia untuk menopang infrastruktur teknologi yang mengakomodir sistem taksi IoT tersebut.

Blue Bird kini sudah memperkenalkan taksi yang didukung oleh teknologi Internet of Things (IoT) pada Agustus lalu bekerja sama dengan Telkomsel. Taksi tersebut dilengkapi perangkat agar monitornya lebih baik oleh perusahaan. Selain dengan Telkomsel, Blue Bird juga bekerja sama dengan IBM Indonesia untuk menopang infrastruktur teknologi yang mengakomodir sistem taksi IoT tersebut.

Ke depannya, Blue Bird akan menerapkan heat map, teknologi visualiasi pemetaan, guna membantu pengemudi menemukan titik lokasi yang tepat, dimana permintaan taksi lebih banyak.

"Hitmap bisa memberikan guidance buat driver kita, dimanapun mereka berada kita bisa kasih rekomendasi," Andeka Putra, Chief Information Officer, Blue Bird.

Data ini didasarkan pada basis data milik perusahaan yang kemudian dikombinasikan dengan data eksternal dari mitranya seperti IBM yang membantu Bluebird menghimpun data terkait cuaca. Data lainnya yang dihimpun perusahaan guna membantu driver taksi IoT adalah data event seperti konser, dimana biasanya permintaan akan transportasi cukup tinggi.

Dengan sistem ini, pengemudi akan menerima rekomendasi wilayah mana yang banyak permintaan. Rekomendasi tersebut nantinya akan dikirimkan pada aplikasi Bluebird khusus driver.