Surat pamit Nadiem, nostalgia tentang Gojek

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 24 Okt 2019 14:31 WIB

Tercatat per tanggal 21 Oktober lalu, Nadiem mengundurkan diri dari Gojek, bertepatan saat dirinya dipanggil ke Istana di waktu yang sama.

(Foto: Antara)

Nadiem Makarim resmi menyandang jabatan baru sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta. Atas keputusan itu, Nadiem pun menanggalkan jabatannya sebagai CEO Gojek, perusahaan yang didirikannya sejak 2010.

Tercatat per tanggal 21 Oktober lalu, Nadiem mengundurkan diri dari Gojek, bertepatan saat dirinya dipanggil ke Istana di waktu yang sama bersama calon menteri lainnya. Pelantikan menteri sendiri dilakukan pada 23 Oktober kemarin.

Isi surat perpisahan Nadiem Makarim

Sepak terjang Nadiem di Gojek yang begitu lama, membuatnya wajar ketika bernostalgia sebelum memutuskan menerima tawaran jabatan menteri. Hal ini dia utarakan dalam sebuah email yang kemudian didistribusikan ke karyawan startup berstatus decacorn tersebut. Berikut isi surat perpisahan Nadiem Makarim kepada Gojek.

"Gojek dimulai dari nol, hanya bermodal tekad yang kuat untuk membawa perubahan. Saat itu, kita melihat rumitnya lalu lintas Jakarta, padahal ada komunitas ojek yang bisa menjadi solusi jika saja ada yang mengorganisir mereka sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih efisien.