Spesifikasi chipset Snapdragon 7-Series bocor

Oleh: Erlanmart - Rabu, 06 Apr 2022 13:56 WIB

Bersamaan dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 Plus, Qualcomm juga akan menghadirkan chipset Snapdragon 7-Series.

Qualcomm dilaporkan sedang mengerjakan versi yang disempurnakan dari Snapdragon 8 Gen 1. Kabar terbaru mengungkapkan bahwa prosesor mendatang itu adalah Snapdragon 8 Gen 1 Plus yang bakal debut pada bulan Mei.

Pabrikan chip yang berbasis di Amerika Serikat itu diduga akan mengumumkan chipset Snapdragon 7-Series baru bersamaan dengan prosesor SD8G1 Plus. Hal ini diperkuat setelah bocoran yang diperoleh Digital Chat Station yang membagikan detail penting seputar chipset Snapdragon 7-Series generasi berikutnya.

Bocoran itu mengungkapkan bahwa chip Snapdragon 7-Series yang akan datang akan terdiri dari empat core Cortex-A710 dengan clock 2,36 GHz dan empat core Cortex-A510 yang bekerja pada 1,80 GHz. Dilansir dari Gizmochina (6/4), ini akan menjadi chipset 4nm yang menyertakan GPU Adreno 662. Bocoran tersebut mengklaim bahwa chipset ini akan diproduksi oleh Samsung. Tampaknya ponsel pertama yang ditenagai oleh chip Snapdragon 7-Series baru sudah dalam tahap pengerjaan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 1 Plus kemungkinan akan diluncurkan pada awal Mei. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa chip Snapdragon 7-Series baru akan resmi pada bulan yang sama. Karena Qualcomm mengadopsi nama baru untuk chip Snapdragon 8-Series, kemungkinan SoC 7-Series akan resmi dengan nama Snapdragon 7 Gen 1.

Dalam berita terkait, beberapa merek seperti Xiaomi, OnePlus, Lenovo, dan Motorola sedang mengerjakan ponsel flagship bertenaga Snapdragon 8 Gen 1 Plus. Namun, kemungkinan besar Motorola Edge 30 Ultra (dengan nama kode Frontier) akan debut sebagai ponsel pertama di dunia dengan SD8G1 Plus.