Smartwatch baru Xiaomi pakai Snapdragon 3100

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 30 Okt 2019 14:13 WIB

Bocoran muncul dan menyebutkan smartwatch baru Xiaomi ini akan menggunakan chipset milik Snapdragon 3100.

Belum lama ini Xiaomi mengonfirmasi akan meluncurkan Mi CC9 Pro serta smartwatch dengan sistem operasi Wear OS pertama. Perusahaan mengatakan dua perangkat itu akan diresmikan pada 5 November mendatang.

Meski mengumbar tanggal peluncuran, Xiaomi tak menyebut beberapa spesifikasi yang akan melengkapi dua perangkat barunya itu. Kini bocoran muncul dan menyebutkan smartwatch baru Xiaomi tersebut akan menggunakan chipset Snapdragon 3100 yang dikembangkan oleh Qualcomm.

Mengacu halaman web Qualcomm, Snapdragon Wear 3100 memiliki konfigurasi 4x ARM Cortex A7, CPU Quad-core 32 bit yang memiliki clock 1.2 GHz dan GPU Adreno 304. Chipset ini diproduksi menggunakan proses fabrikasi 28nm. Konsep ini memang tidak begitu hemat daya. Namun saat diluncurkan di kuartal pertama pada 2016, ukurannya terbilang cukup lazim.

Meski terdengar ketinggalan zaman, smartwatch sendiri memang tidak selalu membutuhkan kekuatan pemrosesan seperti smartphone. Dengan optimalisasi software yang tepat, Xiaomi kemungkinan bisa tetap menjaga performa smartwatch-nya dengan Snapdragon 3100.

Kelebihan menggunakan chipset lama ini tentu saja harganya yang akan terpangkas secara signifikan. Dengan begitu, Xiaomi mungkin akan membanderol harga smartwatch-nya dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Selain didukung NFC, spesifikasi chipset yang akan digunakan di smartwatch baru Xiaomi ini juga mengungkapkan perangkat itu akan dilengkapi Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11n serta GPS berkekuatan rendah. Fitur lainnya yang akan dibawa oleh jam pintar ini yaitu dukungan eSIM, speaker, baterai besar hingga motor linier.