Smartfren luncurkan Sarah, asisten AI digital yang bisa dihubungi 24 jam

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 08 Juli 2025 15:05

Sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan berbagai fitur modern, Smartfren hadirkan Sarah, asisten AI digital yang bisa dihubungi 24 jam.

PT XLSMART Telekom Sejahtera (XLSMART) melalui merek Smartfren resmi meluncurkan Sarah, asisten virtual berbasis Generative AI (GenAI) yang kini menjadi wajah baru Smartfren Care. Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan layanan yang lebih cepat, responsif, dan solutif.

Solusi ini pun sejalan dengan semangat “Bersama, Melaju Tanpa Batas” yang dimiliki oleh perusahaan. Sarah dirancang sebagai teman digital yang aktif, cerdas, dan personal, siap membantu pelanggan mengakses informasi dan menyelesaikan berbagai kebutuhan layanan secara praktis melalui platform digital, baik lewat WhatsApp di nomor 0888-1212-888, aplikasi MySmartfren, maupun situs resmi Smartfren. Layanan ini tersedia 24 jam setiap hari, memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan bantuan kapan pun dibutuhkan tanpa harus menunggu antrean layanan konvensional.

Dengan teknologi GenAI yang terus belajar, Sarah mampu menjawab pertanyaan pelanggan mulai dari cek kuota, informasi paket dan tagihan, hingga promo produk secara cepat dan akurat. Kemampuan Sarah akan semakin meningkat seiring waktu, menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Direktur & Chief Commercial Officer XLSMART, David Arcelus Oses, menegaskan bahwa peluncuran Sarah adalah langkah strategis untuk memperkuat ekosistem layanan digital yang modern, responsif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini.

“Peluncuran Sarah merupakan bagian dari komitmen kami untuk memperkuat layanan pelanggan melalui solusi digital yang efisien dan mudah diakses. Dengan layanan ini, pengguna Smartfren bisa mendapatkan informasi dan bantuan secara lebih cepat dan efisien, langsung dari genggaman tangan mereka. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan pengalaman digital yang lebih baik, seiring dengan upaya kami membangun ekosistem layanan digital yang modern, responsif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini,” ujar David.