Smart TV LG QNED hadir di Indonesia, punya resolusi 8K dan 4K

Oleh: Erlanmart - Kamis, 23 Sep 2021 16:21 WIB

Terkait dengan pencahayaan layar Mini LED, kekuatan besarnya justru terletak pada terapan jajaran lampu LED dengan ukuran lebih kecil dibanding yang biasa ditemui pada TV LCD LED sebelumnya.

LG Electronics Indonesia secara resmi menghadirkan smart TV LG QNED Mini LED. Teknologi QNED Mini LED dikatakan ada pada sisi reproduksi gambar. Hal ini dicapai berkat kolaborasi dua teknologi tercanggih LG saat ini dalam pengembangan TV LCD yaitu Quantum Dot NanoCell dan Mini LED.

Bila teknologi NanoCell telah dikenal sebelumnya dalam keunggulan reproduksi pewarnaan, Mini LED menjadi pengembangan pada sisi pencahayaan latar (backlight). Ini menjanjikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi sebelumnya.

Terkait dengan pencahayaan layar Mini LED, kekuatan besarnya justru terletak pada terapan jajaran lampu LED dengan ukuran lebih kecil dibanding yang biasa ditemui pada TV LCD LED sebelumnya. Dengan dimensi yang jauh lebih kecil, memungkinkan backlight untuk menghasilkan kerapatan dan keseragaman pencahayaan yang lebih dapat memenuhi bidang layar.

Menurut LG, ukuran lampu LED penyusun yang lebih kecil mampu menghasilkan contrast ratio 10 kali lebih baik dibandingkan dengan TV LCD LED lainnya. Di sisi lain, karakteristik uniknya ini juga memberi kemampuan menghasilkan kedalaman warna hitam lebih pekat dengan detail lebih jelas pada area gelap yang membuat gambar tampil lebih dramatis.

LG membekali mini LED TV terbarunya dengan kehadiran dua inovasi besar Dolby Laboratories yaitu Dolby Vision IQ dan Dolby Atmos. Kehadiran keduanya menjadi kombinasi kuat dalam menghasilkan tayangan sinematik. Dolby Vision IQ secara cerdas melakukan penyesuaian gambar berdasarkan genre konten dan nuansa sekitarnya, sedangkan Dolby Atmos menyajikan suara surround berbasis objek.