Ini gambaran cepatnya jaringan 5G dalam skenario pengunaan sehari-hari

Oleh: Erlanmart - Selasa, 08 Jun 2021 17:49 WIB

Sebagai pelopor jaringan 5G di Indonesia, OPPO memberikan gambaran bagaimana kecepatan 5G digunakan dalam berbagai skenario, mulai dari mengunduh dan mengunggah file berukuran besar, mengunduh gim populer, dan streaming video beresolusi tinggi dengan lancar.

Mungkin tidak berlebihan jika mengatakan bahwa koneksi internet cepat sudah menjadi kebutuhan. Saat ini 5G menjadi koneksi terbaru setelah beberapa saat lalu hadir di Indonesia oleh salah satu operator terkemuka Indonesia.

Kebanyakan pemberitaan saat ini masih seputar uji kecepatan konektivitas generasi terbaru tersebut. Tentu saja itu tidak terlalu memberikan gambaran yang terlalu jelas kepada orang-orang ketika digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Sebagai pelopor 5G di Indonesia, OPPO hari ini (8/6), melakukan uji coba kecepatan 5G untuk berbagai skenario. Sebagai acuan, uji coba skenario tersebut dilakukan pula dengan konektivitas 4G. Sebagai informasi, ponsel yang digunakan untuk melakukan skenario 5G adalah OPPO Reno5 5G. Di sisi lain, konektivitas 4G dilakukan oleh ponsel OPPO A74. Kedua ponsel OPPO tersebut disematkan dengan kartu dari operator yang sama.

Percobaan pertama mengacu kepada akses cloud storage. Jaringan dengan kecepatan tinggi akan mempermudah pengguna perangkat 5G untuk menyimpan file secara online. Prosesnya juga bisa dibilang lebih praktis ketimbang menggunakan medium seperti flashdisk atau semacamnya.

Ketika mencoba mengunggah file video OPPO MARVEL dengan ukuran sebesar 337 MB ke layanan Google Drive, ponsel OPPO dengan jaringan 4G memerlukan waktu rata-rata sekitar 4 menit 48 detik . Sedangkan ponsel OPPO dengan dukungan internet 5G hanya membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat, yakni hanya 3 menit 34 detik.