Sensor cahaya di Apple Watch 5 kurang akurat

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 24 Jan 2022 17:43 WIB

Para peneliti menemukan bahwa sensor cahaya yang ada di Apple Watch Series 5 dan Fitbit Versa 2 kurang akurat saat membaca data vital pengguna berkulit gelap dan obesitas.

Sensor pendeteksi detak jantung adalah perangkat yang saat ini banyak digunakan oleh para pengguna smartwatch. Sebab, fitur ini cukup penting untuk mendeteksi beberapa tanda vital seseorang hanya menggunakan perangkat tersebut.

Namun, beberapa peneliti menemukan beberapa fakta menarik di balik penggunaan sensor cahaya yang digunakan para produsen smartwatch terkemuka. Beberapa diantaranya seperti Apple Watch Series 5 dan Fitbit Versa 2.

Penelitian ini dimulai setelah beberapa pengguna yang menggunakan perangkat ini mendapati perangkat mereka tak akurat dalam membaca tanda vital mereka. Alhasil, para peneliti menemukan beberapa fakta yang cukup menarik,

Adalah Jessica Ramella-Roman, seorang profesor yang mempelajari sensor bio-imaging di Florida International Universitas yang meneliti mengapa hal ini bisa terjadi. Dan dalam penelitiannya, dia menemukan bahwa sensor ini kurang akurat jika penggunanya memiliki warna kulit gelap atau kegemukan.

Dia mengatakan, studi ini dilakukan dengan melihat sinyal photoplethysmography (PPG), teknik yang menggunakan perubahan bagaimana cahaya dipantulkan untuk mengukur aliran darah, pada tiga perangkat, termasuk Apple Watch Series 5, Fitbit Versa 2, dan Polar M600.