Razer Edge resmi meluncur, saingan baru Steam Deck

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 18 Okt 2022 14:25 WIB

Razer secara resmi meluncurkan Edge, sebuah game streaming handheld pesaing Steam Deck yang berbasis Android.

Kompetisi game streaming handheld saat ini semakin memanas. Kini, Valve Corp mulai memiliki beberapa kompetitor yang serius untuk menggarap perangkat pesaing perangkat Steam Deck milik mereka.

Adalah Razer, yang baru saja meluncurkan perangkat game streaming handheld yang mereka sebut sebagai Razer Edge. Namun, ada beberapa perbedaan besar antara perangkat milik Razer dan para pesaingnya.

Yang paling membedakan adalah penggunaan prosesor yang dimiliki perangkat ini. Alih-alih menggunakan prosesor milik Intel atau AMD, mereka memilih untuk menggunakan prosesor miliki Qualcomm.

Engadget (18/10) melaporkan, Razer menggunakan prosesor Snapdragon G3x Gen 1. Mereka menggunakan CPU Kryo octa-core yang berjalan di kecepatan 3Ghz dan memiliki GPU Adreno. Chipset eksklusif ini dikabarkan akan memiliki performa dua hingga tiga kali lipat dari Snapdragon 720G.

Keunggulan yang didapatkan dalam menggunakan platform ini ketimbang menggunakan Intel atau AMD adalah dukungan modem 5G. Ya, ini merupakan game streaming handheld pertama yang memiliki integrasi jaringan mobile. Tak ketinggalan, hadir juga WiFi 6e untuk memastikan pengalaman gaming yang lancar.