Ransomware mulai serang perangkat NAS

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 02 Agst 2019 09:43 WIB

Pihak Synology memberikan beberapa tips untuk pengguna NAS mereka untuk melindungi perangkat mereka dari serangan Ransomware.

Ilustrasi Serangan Ransomware (Pixabay)

Serangan malware ransomware saat ini sudah tak lagi hanya terbatas menyerang ke komputer saja. Saat ini, para peretas sudah mengembangkan malware tersebut untuk menyerang smartphone dan bahkan NAS.

Para peneliti keamanan di Synology baru-baru ini menemukan beberapa pengguna terkena serangan ransomware di perangkat mereka. Serangan ini mencuri kredensial admin pengguna melalui serangan brute-force ke akses login yang berakibat kepada terenkripsinya data pengguna. 

Setelah melakukan penyelidikan, pihak Synology menemukan bahwa bahwa cikal bakal serangan ini akibat dictionary attack. Para peretas melakukan percobaan illegal pada sistem komputer yang menggunakan rangkaian kata dalam kamus untuk menemukan kata sandi pengguna.

Ini berarti, mereka menegaskan bahwa peretasan bukan disebabkan oleh kerentanan pada sistem tertentu. Yang lebih parah lagi, serangan dalam skala besar seperti ini ditujukan pada berbagai model NAS dari vendor yang berbeda.

Pihak Synology pun sangat menyarankan pengguna memeriksa pengaturan jaringan dan akun untuk melindungi data mereka dari ransomware.