Canalys: Oppo dan Xiaomi salip Samsung di pasar smartphone Indonesia

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 07 Nov 2019 14:25 WIB

Laporan Canalys, menunjukkan Oppo menguasai 23% pangsa pasar di pasar smartphone Indonesia. Hal ini dituai berkat pertumbuhannya yang mencapai 47%.

(Foto: Mashable)

Hasil penjualan Oppo di Indonesia terbilang signifikan. Di kuartal ketiga 2019 ini, perusahaan asal Tiongkok itu berhasil menempati posisi pertama sebagai vendor terbesar di Indonesia. Klaim ini didasarkan pada laporan yang dilakukan perusahaan riset pasar Canalys. 

Laporan itu menunjukkan Oppo menguasai 23% pangsa pasar di pasar smartphone Indonesia. Hal ini mereka tuai berkat pertumbuhannya yang mencapai 47% dibanding tahun lalu di periode yang sama. Menurut Oppo, pencapaian ini diperoleh perusahaan berkat konsistensi dan fokus produk yang jelas, sehingga mampu mempertahankan posisi sebagai vendor smartphone terbesar di Indonesia. 

"Konsistensi dan produk fokus menjadi kunci bagaimana Oppo dapat bertahan di pasar. Yang utama bagaimana kita dapat membuat produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Agaknya hal tersebut terpenuhi dengan perangkat A9 2020 dan Reno2 Series di kuartal 3 ini yang bisa menyasar kelas menengah hingga high end," kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Menyusul Oppo, Xiaomi pun menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di pasar smartphone Tanah Air. Perusahaan yang didirikan Lei Jun itu kini berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 22%. Dengan demikian, Xiaomi menggeser posisi Samsung di kuartal ketiga 2019.