Opensignal temukan keunggulan masing-masing operator Indonesia

Oleh: Erlanmart - Rabu, 19 Jul 2023 08:04 WIB

Perusahaan analitik seluler global Opensignal kembali merilis artikel analisis terbaru berjudul “Indonesia, Mobile Network Experience Report, Juni 2023”

Opensignal, sebuah analitik seluler global, baru saja merilis analisis terbaru mereka yang mengangkat laporan pengalaman jaringan mobile Indonesia. Pada Juni 2023, peta jaringan telekomunikasi di Tanah Air telah mengalami banyak perubahan yang signifikan.

Dalam analisis terbaru Opensignal, menunjukkan pengalaman jaringan seluler di Indonesia terus mengalami peningkatan. Jika dibandingkan dengan laporan sebelumnya, para pengguna lima operator mendapat kecepatan unduh dan unggah rata-rata lebih cepat. Selama periode 90 hari yang dimulai dari 1 Februari 2023, Opensignal telah menganalisa keseluruhan pengalaman jaringan seluler lima operator — 3 (Tri), Indosat, Smartfren, Telkomsel, and XL — di Indonesia dengan menggunakan pengukuran 5G.

Selain menyajikan analisis secara nasional, dalam laporan ini juga terdapat rincian pengalaman jaringan seluler para pengguna di 10 daerah utama di Indonesia. Berikut adalah temuan utama yang disertakan dalam analisis terbaru Opensignal:

Telkomsel berikan Pengalaman Video terbaik di Indonesia

Telkomsel menjadi pemenang mutlak dari penghargaan Pengalaman Video dengan skor 60,4 poin (pada skala 100) dan memimpin 2,6 poin atas Tri. Perlu diperhatikan, Telkomsel adalah satu-satunya operator Indonesia yang meraih peringkat Baik (58-68) untuk Pengalaman Video.