OM System OM-1 Mark II bisa deteksi manusia, harga Rp37 juta

Oleh: Erlanmart - Jumat, 02 Feb 2024 15:03 WIB

OM System (dulu Olympus) telah meluncurkan OM-1 Mark II dengan spesifikasi yang sebagian besar sama dengan pendahulunya, tetapi dengan beberapa peningkatan yang signifikan.

OM System (dulu Olympus) telah meluncurkan OM-1 Mark II dengan spesifikasi yang sebagian besar sama dengan pendahulunya, tetapi dengan beberapa peningkatan yang signifikan. Hal ini mencakup peningkatan fokus otomatis (AF), khususnya pada sisi AI, serta peningkatan kualitas hidup lainnya pada stabilisasi, penanganan, dan banyak lagi.

Perusahaan itu telah menyelesaikan perubahan merek OM System, karena tidak ada jejak logo Olympus seperti yang terlihat pada OM-1. Meski demikian, bagian dalam kamera hampir sama seperti nama Olympus dulu.

Dilansir dari Engadget (2/2), OM-1 Mark II hadir dengan sensor Micro Four Thirds 20 MP dan prosesor TruePix X yang memungkinkan pengambilan gambar burst sangat cepat hingga 50fps dengan continuous AF.

Kecepatan tersebut tidak berubah, namun OM System meningkatkan RAM onboard kamera, memungkinkan beberapa fitur baru. AF kini memiliki opsi "Human detection" yang lebih dari sekadar wajah dan mata seperti sebelumnya. Perusahaan asal Jepang itu mengatakan AF juga lebih cepat dan akurat (dengan dan tanpa deteksi subjek), sehingga lebih baik untuk olahraga, alam liar, dan banyak lagi.

Mirrorless tersebut juga dilengkapi buffer yang lebih baik, yang berarti fotografer dapat memotret 256 frame RAW pada 50fps sebelum loading, sekitar dua kali lipat dari OM-1 — ideal untuk pengambilan gambar aksi. Dan meskipun model sebelumnya memungkinkan pengambilan gambar bebas blackout pada frame rate tertinggi, kini OM-1 Mark II juga bekerja pada kecepatan lebih lambat (12,5fps dan 16fps) untuk fotografer yang lebih suka bekerja dengan cara tersebut.