NVIDIA rilis plugin DLSS 4 untuk Unreal Engine 5.6
NVIDIA baru saja merilis plugin teknologi DLSS 4 milik mereka untuk digunakan di Unreal Engine 5.6.
NVIDIA resmi merilis plugin DLSS 4 untuk Unreal Engine 5.6, membuka peluang baru bagi para developer game dan aplikasi untuk mengintegrasikan teknologi AI upscaling tercanggih ke dalam proyek mereka. Dengan hadirnya plugin ini, pengembang dapat mengoptimalkan performa dan kualitas visual secara signifikan, memanfaatkan kekuatan model Transformer terbaru yang kini menjadi inti dari DLSS 4.
Fitur unggulan seperti Multi Frame Generation, Frame Generation, Ray Reconstruction, dan Super Resolution kini dapat langsung diimplementasikan ke dalam game berbasis Unreal Engine 5.6, memberikan pengalaman visual yang lebih tajam dan gameplay yang lebih mulus. Model Transformer pada DLSS 4 membawa lompatan besar dibandingkan model CNN yang digunakan pada versi sebelumnya, terutama dalam hal efisiensi penggunaan VRAM yang kini 20% lebih rendah.
Selain itu, dilansir dari laman Wccftech (8/7), kualitas visual yang dihasilkan menjadi lebih stabil dan detail, karena model Transformer mampu mengevaluasi hubungan antar piksel dalam satu frame maupun lintas beberapa frame. Walaupun beberapa fitur DLSS 4 hanya eksklusif untuk kartu grafis RTX 50 series, teknologi ini tetap kompatibel dengan semua GPU RTX, sehingga gamer dengan perangkat generasi sebelumnya tetap bisa menikmati peningkatan performa dan kualitas gambar.
Unreal Engine 5.6 sendiri telah membawa peningkatan performa signifikan, mulai dari optimalisasi CPU dan GPU, dukungan penuh untuk Lumen Hardware Ray Tracing, hingga pipeline rendering yang lebih paralel. Dengan integrasi DLSS 4, developer kini dapat mengaktifkan lebih banyak fitur grafis tanpa membebani hardware, bahkan pada GPU dengan VRAM terbatas. Hal ini memungkinkan game open world atau judul dengan efek ray tracing berat tetap berjalan lancar dengan visual mendekati kualitas native.
Selain untuk gaming, DLSS 4 di Unreal Engine 5.6 juga mendukung produksi virtual dan aplikasi LED volume, memperluas pemanfaatan teknologi AI upscaling di luar industri game tradisional. Plugin DLSS 4 untuk Unreal Engine 5.5 dan 5.6 kini tersedia di situs resmi NVIDIA, sehingga developer dapat langsung mengintegrasikannya ke proyek baru maupun yang sedang berjalan.