MediaTek pimpin pasar prosesor Q1 2023, tandai pergeseran pemain kunci

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 05 Jun 2023 15:03 WIB

MediaTek tampil sebagai kekuatan dominan di pasar prosesor smartphone, meski mengalami penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya.  

MediaTek memimpin pasar smartphone application processor (AP) untuk kuartal pertama 2023. Meski terjadi penurunan dari kuartal sebelumnya, namun perusahaan berhasil mengamankan 31% pangsa pasar. 

Laporan tersebut berdasarkan data dari Counterpoint Research yang juga menyoroti kinerja pemain lainnya di pasar AP seperti Qualcomm, Apple, UNISOC, Samsung, Huawei Silicon, sekaligus membahas implikasi potensial bagi industri. 

Lebih lanjut, data mengungkapkan tren dan pergeseran yang menarik di antara para pemain kunci di industri ini. MediaTek tampil sebagai kekuatan dominan di pasar prosesor smartphone, meski mengalami penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya.  

Dilansir dari Gizmochina (5/6), perusahaan mengalami penurunan baik dalam jumlah maupun pangsa pasar dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Penurunan tersebut dapat dikaitkan dengan penyesuaian inventaris dan permintaan yang lemah, yang mengakibatkan penurunan. 

Qualcomm, pemain terkemuka di pasar AP, merebut 28% pangsa pasar di Q1 2023. Pengirimannya diperkirakan akan tetap datar di Q2 2023 karena pengurangan inventaris, yang diantisipasi akan kembali normal di kuartal mendatang.