Inovasi JNE bangkitkan UMKM lewat fitur Lacak Pengiriman

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 27 Apr 2023 13:18 WIB

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang kita kenal dengan JNE menawarkan ragam layanan jasa pengiriman yang turut membantu perputaran roda perekonomian digital Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi pengguna internet terbanyak di dunia. Survei Populix menunjukkan, 72% masyarakat kini  menggunakan internet untuk berbelanja.

Tidak heran, ekonomi digital negara diperkirakan akan mencapai USD124 miliar pada 2025 mendatang, dengan eCommerce - termasuk UMKM yang menjadi bagian di dalamnya - menjadi sektor penopang terbesar pertumbuhan ekonomi digital, dengan perkiraan nilai sebesar USD83 miliar pada tahun yang sama.

Hadirnya eCommerce di kalangan masyarakat memperkuat industri logistik yang telah lama ada di Tanah Air. Keberadaannya kini semakin penting dan nyata, mengingat pentingnya jasa pengiriman barang bagi para pelaku usaha digital.

Salah satunya pemain utama dalam industri ini adalah JNE, perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional yang beroperasi sejak tahun 1990. Pada tahun 2012, perusahaan memisahkan divisi logistik dan kurir ekspresnya. 

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang kita kenal dengan JNE menawarkan ragam layanan jasa pengiriman yang turut membantu perputaran roda perekonomian digital Indonesia, khususnya selama pandemi berlangsung. Pada tahun 2022, pengiriman JNE mencatat 70-80% pengirimannya didominasi oleh pengiriman barang eCommerce.