Jarang diketahui, ini manfaat email mahasiswa yang kaya fitur

Oleh: Lysti Rahma - Jumat, 24 Sep 2021 10:14 WIB

Banyak perusahaan yang menawarkan akses premium secara gratis dengan syarat menggunakan email mahasiswa yang resmi dari kampus. Berikut manfaat email mahasiswa.

Menjadi mahasiswa perguruan tinggi tertentu membuka kesempatan untuk mencapai kesuksesan. Memang secara garis besar kesuksesan seseorang tidak bisa dinilai dari sisi akademik saja. Namun orang yang bisa memanfaatkan dan memaksimalkan kesempatan secara akademik, pada umumnya akan mempunyai banyak wawasan hingga kesempatan lain, khususnya fasilitas yang diberikan dari kampus seperti email mahasiswa atau email edu.

Email edu adalah singkatan dari email edukasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa di perguruan tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri. Untuk mahasiswa internasional, biasanya menggunakan domain .edu, sedangkan untuk Indonesia menggunakan domain .ac.id. Email edukasi ini merupakan buah kerja sama antara universitas dengan penyedia email edu itu sendiri. Ada pula kerja sama dengan perusahaan yang memberikan fasilitas khusus bagi pelajar seperti Google, Microsoft, Github, Intel, Namecheap dan lainnya.

Akun email edukasi hadir dengan beberapa manfaat bagi setiap mahasiswa. Manfaat pertama yaitu branding kampus. Email dengan nama sekian@mhsw.(nama kampus).ac.id misalnya, tentu lebih dipercaya dibanding sekian@gmail.com. Biasanya hal ini berguna untuk melamar beasiswa atau program magang bagi mahasiswa tingkat akhir.

Keuntungan lainnya seperti mendapatkan diskon besar untuk beberapa produk, termasuk Apple, Dell, dan banyak lagi. Atau bisa juga mendapatkan diskon besar-besaran untuk layanan online seperti Dropbox, Spotify, Amazon, dan LastPass.

Keuntungan selanjutnya yaitu mendapatkan aplikasi gratis. Banyak perusahaan yang menawarkan produknya mulai dari akses premium di beberapa website top dunia, produk-produk premium dari software ternama, serta mendapatkan domain, hosting dan SSL secara gratis dengan syarat email resmi dari kampus.