Ini dia penjelasan lensa aspherical atau ASPH yang terkadang juga ada di kamera ponsel

Oleh: Erlanmart - Rabu, 15 Nov 2023 19:28 WIB

Pada lensa, kita sering melihat terminologi bertuliskan ‘aspherical’. Bahkan istilah ini juga acap kali tertera pada lensa ponsel yang terkadang tercetak ‘ASPH’.

Pada lensa kamera mirrorless atau DSLR, kita sering melihat terminologi bertuliskan ‘aspherical’. Bahkan istilah ini juga acap kali tertera pada lensa ponsel yang terkadang tercetak ‘ASPH’. Aspherical sendiri mengacu kepada bentuk permukaan lensa yang tidak menyerupai bola, kebalikan dari lensa spherical.

Permukaan lensa spherical memiliki lekukan yang sama di seluruh bodinya. Jika membuat garis yang mengulangi kurva, maka akan menampilkan sebuah lingkaran. Karena desainnya yang minimalis, lensa spherical biasanya sangat murah untuk diproduksi.

Dilansir dari Fixthephoto, permukaan lensa aspherical tidak akan pernah bisa memuat bola atau silinder secara alami. Lengkungannya tidak sama di berbagai bagian permukaan, karena bentuk lensa berfungsi untuk meningkatkan pengalihan cahaya dan pemfokusan. Desain seperti itu penting untuk menangani semua kemungkinan penyimpangan (aberasi).

Kunci untuk memahami arti lensa aspherical adalah lensa tersebut harus memiliki bentuk permukaan yang tidak bulat agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Manfaat terbesar menggunakan jenis lensa ini adalah kemampuannya menangani aberasi spherical.