Industri eSport akan terus berkembang

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 24 Apr 2022 12:07 WIB

Lembaga riset Newzoo mengatakan bahwa di 2025, nilai industri eSport akan mencapai USD1,38 miliar dengan peningkatan pasar rata-rata 13,4 persen.

Industri eSport saat ini sudah mencapai nilai yang sangat mengesankan. Selain semakin banyak judul gim eSport yang populer, pandemi juga membuat semakin banyak orang yang menggandrungi industri yang satu ini.

Salah satu contoh gim yang populer dan mendapatkan banyak sponsor adalah League of Legends. Dan menurut laporan terbaru dari Newzoo, nilai uang di industri ini akan terus meningkat.

Dilansir dari laman Engadget (24/4), Newzoo menyebut telah mengumpulkan beberapa poin yang menaksir industri ini semakin meningkat. Dalam laporan ini, pada akhir tahun, eSports sebagai industri akan menghasilkan pendapatan hampir USD1,38 miliar.

Mereka menyebut Tiongkok akan bertanggung jawab atas hampir sepertiga pendapatan eSports di seluruh dunia. Sedangkan untuk pertumbuhan tercepat dimiliki oleh Asia Tenggara, Asia Selatan Tengah, dan Amerika Latin.

Wilayah ini disebut memiliki Compound Annual Growth Rate (CAGR) 2020-2025 masing-masing sebesar +27,6%, +23,4%, dan +19%. Tentu saja, perkembangan ini tidak bisa dipandang sebelah mata.