IDC : Penjualan Apple Watch melonjak di akhir 2020

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 04 Des 2020 14:10 WIB

Dalam laporan kuartal ketiga, IDC menyebut penjualan Apple Watch meningkat 75% jika dibandingkan dengan tahun lalu, membuatnya menjadi smartwatch paling banyak terjual.

Apple Watch

Pasar wearable selama satu tahun terakhir ini disebut terus meningkat. Bahkan, IDC mengatakan ada satu produk yang meningkat drastis pada kuartal ketiga 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, serta berhasil memecahkan rekor.

IDC menyebut, Apple Watch berhasil memecahkan rekor pengiriman, dengan total 11,8 juta perangkat hanya di kuartal ketiga 2020. Jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya, terdapat peningkatan hingga 75%.

Perolehan ini membuat Apple sebagai vendor yang dapat menjual smartwatch terbesar di dunia, dengan pangsa pasar 33,1%. Xiaomi berada di posisi kedua dengan total pangsa pasar sebesar 13,6%, seperti dilansir dari Wccftech (4/12).

Di sisi lain, Huawei mengekor ketat Xiaomi dengan perolehan pangsa pasar sebesar 11%. Kemudian di posisi keempat terdapat Samsung, dengan perolehan pangsa pasar sebesar 9%. Sedangkan Fitbit harus rela berbagi dengan BoAt di posisi kelima dengan pangsa pasar 2,6%.

Namun, jika berbicara mengenai perangkat wearable secara keseluruhan, seperti digabungkan dengan pengiriman headset dan lainnya, Xiaomi berhasil ada di peringkat teratas dengan pangsa pasar 24,5%.