Honda gelar kejuaraan balap virtual pakai simulator

Oleh: Dommara Hadi S - Jumat, 19 Jun 2020 20:21 WIB

PT Honda Prospect Motor menggelar ajang balap mobil virtual sebagai bentuk komitmen Honda selaku pabrikan otomotif dengan DNA balap.

Sebagai bentuk komitmen pabrikan otomotif dengan DNA balap, PT Honda Prospect Motor kembali menggelar kejuaraan balap mobil di Indonesia. Namun, guna mematuhi peraturan pemerintah dengan tetap mengedepankan pembatasan kontak sosial, mereka dikabarkan akan menggelar acara tersebut secara virtual.

Honda Racing Simulator Championship (HRSC) merupakan inovasi Honda yang pertama dalam mengadakan gelaran ajang balap virtual. Untuk menggelar acara ini, Honda menggadeng HM Engineering sebagai penyelenggara yang menggunakan program simulator balap Rfactor 2. Pemilihan program Rfactor 2 dikarenakan program tersebut memiliki sensasi dan segala aspek yang bisa terjadi pada ajang balap yang sesungguhanya.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Kejuaraan Honda Racing Simulator Championship sejalan dengan semangat ‘Everyone Can Race’ agar semakin banyak orang yang dapat menikmati ajang balap, bukan hanya di lintasan balap tetapi juga dari rumah masing-masing. Kami percaya ajang ini juga dapat menjadi wadah untuk para pembalap pemula dalam mengasah bakat dan menunjukkan prestasinya. Ajang ini semakin tepat digelar dalam kondisi menuju normal baru, dimana masyarakat semakin terbiasa menggunakan platform digital dalam melakukan berbagai aktivitas.”

Kejuaraan HRSC mengusung konsep balap One Make Race (OMR), dimana setiap peserta menggunakan mobil balap Honda Civic Type R Sport Version. Para peserta akan berlomba mengumpulkan poin di sepanjang 6 seri yang digelar di sirkuit virtual, terdiri dari Sirkuit Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zaandvoort dan Estoril.