Google : daftarkan recovery number bisa blokir panggilan spam

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 20 Mei 2019 15:04 WIB

Dengan mendaftarkan recovery number, pengguna dapat menghadang panggilan spam hingga lebih dari 90 persen.

Panggilan spam hingga saat ini masih menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna ponsel. Bukan hanya mengganggu, tak sedikit pula panggilan spam berakhir dengan upaya peretasan terhadap perangkat pengguna.

Berbagai pihak telah mengusahakan untuk mencekal panggilan spam tersebut. Salah satunya adalah Google, sebagai pengembang sistem operasi Android.

Beberapa waktu lalu Google mengatakan bahwa mereka punya solusi untuk masalah tersebut. Salah satunya adalah mendaftarkan nomor telepon pemulihan dapat memblokir semua upaya bot otomatis untuk mengakses akun melalui jalur kredensial.

ZDnet (20/5/2019) melaporkan, raksasa mesin pencarian tersebut melakukan penelitian selama setahun dengan Universitas New York dan Universitas California, San Diego. Hasil dari penelitian mereka pun cukup mengejutkan.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa dengan menambahkan nomor telepon pemulihan ke Akun Google Anda dapat memblokir hingga 100 persen bot, 99 persen serangan phishing massal, dan 66 persen serangan bertarget yang terjadi selama penyelidikan kami," kata para peneliti dari Google AI.

Tag