Engare, gim gabungan antara matematika dan seni Islam

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Rabu, 10 Jan 2018 14:00 WIB

Pembuat gim indie Mahdi Bahrami meluncurkan gim baru yang merupakan gabungan antara matematika dan seni Islam.

Pembuat gim indie asal Iran, Mahdi Bahrami meluncurkan permainan puzzle terbarunya. Dilansir dari Killscreen (4/1), gim ini bernama Engare, yang menyuguhkan pemain tentang keindagan matematika dalam seni Islam.

Menurut Bahrami, gim Engare ini tidak hanya merupakan permainan tentang matematika, tapi gim ini juga bisa membangkitkan emosi. “Ada bentuk geometris yang membuat kita merasa bahagia, dari sebuah pola yang membuat seseorang terhipnotis,” kata Bahrami.

Gim Engare terlahir dari sebuah pertanyaan yang diajukan oleh guru geometri SMA Bahrami. Saat itu, gurunya bertanya kepada muridnya, tentang bentuk apa yang akan dibuat oleh sebuah titik yang dilekatkan pada bola dan jika bola tersebut digulung untuk melintasi permukaan. Bertahun-tahun kemudian, pertanyaan yang sama ini pada dasarnya berfungsi sebagai konsep dari Engare.

Di setiap level gim ini, pemain akan diberi pola yang tidak lengkap dan pemain harus mencari cara untuk menyelesaikan pola tersebut. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menyambungkan satu titik ke salah satu objek. Kemudian saat Anda menekan tombol, gerakan titik pada objek tersebut akan menghasilkan suatu pola. Namun, bila Anda ingin menghapusnya, Anda hanya perlu memundurkannya dan memindahkan titik ke tempat lain hingga membuat pola.

Tag