Elon Musk ingin buka kode OS Tesla untuk produsen mobil lain

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 26 Mei 2023 13:56 WIB

Elon Musk mengatakan Tesla akan dengan senang hati "membantu (produsen mobil) di bagian depan perangkat lunak". 

Source: AutoNews

CEO Tesla Elon Musk, dalam sesi Twitter Spaces-nya bersama CEO Ford Jim Farley, mengatakan kemungkinan akan membuka kode sistem operasi otomotifnya ke pembuat mobil lain.  

“Dengan cara yang sama, mungkin Android membantu industri ponsel sebagai standar umum, seperti kita berpotensi membuka lebih banyak kode,” kata Musk, dikutip dari TechCrunch (26/5). 

Musk menanggapi catatan Farley bahwa membuat "kendaraan yang dapat diperbarui sepenuhnya dengan perangkat lunak" adalah "sangat sulit". Eksekutif miliarder itu mengatakan Tesla akan dengan senang hati "membantu di bagian depan perangkat lunak". 

Jika Tesla benar-benar akan mengkomersialkan perangkat lunaknya yang dapat diperbarui secara over-the-air ke kendaraan lain, itu akan menempatkan pembuat mobil tersebut dalam persaingan langsung dengan Google dan Apple.  

Google menawarkan Android Automotive OS kepada produsen mobil, yang dimodelkan setelah sistem operasi seluler open source yang berjalan di Linux dan dimodifikasi untuk digunakan di mobil.