Ilmuwan ubah burung mati jadi drone, dampaknya bikin ngeri

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 20 Feb 2023 16:15 WIB

Proyek mengandalkan burung mati untuk menempatkan kamera pengintai satwa liar di masa depan, namun ada dampak negatif yang akan ditimbulkan.

Konspirasi "burung palsu" kini semakakin nyata setelah ilmuwan baru-baru ini berhasil menggunakan bangkai burung sebagai drone. Menurut sebuah laporan oleh New Scientist, proyek ini mengandalkan burung mati untuk menempatkan kamera pengintai satwa liar di masa depan. 

Tentu saja, drone burung mati ini tidak hanya digunakan untuk mengamati satwa liar. Sebaliknya, inovasi tersebut akan menjadi cara jitu dalam penggunaan militer, apalagi jika para ilmuwan mampu membuat burung mati itu mengepakkan sayapnya. 

Secara keseluruhan, gagasan dari inovasi ini adalah memberikan manusia akses pengawasan satwa liar yang lebih baik. Penggunaan burung mati sebagai drone dapat dengan mudah mengelabui satwa yang ada karena itu bisa menyatu dengan alam.

Namun, implikasi dari bagaimana alat ini dapat digunakan untuk tujuan militer, tentu saja, memprihatinkan bagi sebagian orang. Seperti laporan Tek.id sebelumnya, di mana tren drone komersial dapat diubah sedemikian rupa menjadi alat penyokong lini militer. 

Tag