Cara aktifkan jaringan 5G di smartphone OPPO

Oleh: Dommara Hadi S - Minggu, 23 Mei 2021 12:22 WIB

Menariknya dua perangkat OPPO sudah bisa dipastikan langsung dapat digunakan saat jaringan 5G resmi digelar karena memiliki spesifikasi dukungan band n40.

Tahun ini OPPO terbilang menjadi vendor yang paling aktif mengenalkan smartphone dengan dukungan jaringan generasi ke-5 atau lebih sering disebut 5G ini. OPPO sudah mengenalkan tiga smartphone baru yang mewakili segmen mid-range dengan mengenalkan A74 5G, segmen premium dengan mengenalkan Reno5 5G, hingga flagship dengan mengenalkan Find X3 series.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada kejelasan kapan jaringan 5G resmi digelar dan bisa dinikmati pengguna di Tanah Air. Namun dari beberapa kabar terakhir, beberapa operator seperti Telkomsel dikabarkan akan segera mengelar jaringan 5G, disusul oleh Indosat yang sedang mengajukan proses ULO (uji layar operasi) sebagai syarat untuk dapat menggelar jaringan 5G secara komersial. Ada kemungkinan bahwa jaringan 5G akan hadir lebih cepat.

Apa keuntungan bagi pemilik smartphone 5G OPPO?

Indonesia kabarnya akan menggunakan jaringan 5G di 2300 Mhz atau dikenal dengan band n40. Menariknya, tidak semua smartphone 5G di Indonesia mendukung band tersebut. Ini sekaligus menjadi kabar gembira untuk pemilik OPPO Reno5 5G dan A74 5G karena kedua perangkat tersebut mendukung band n40, meski OPPO Reno5 5G hanya bisa mendukung di SIM 1 saja.

Berikut spesifikasi jaringan yang dimiliki OPPO Reno5 5G: