Blokir komentar negatif di media sosial dengan Tune

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 14 Mar 2019 09:00 WIB

Perusahaan di bawah naungan Alphabet berhasil mengembangkan ekstensi Chrome untuk memblokir komentar negatif di media sosial.

Source: Google

Sudah bukan rahasia kalau media sosial menjadi sarang komentar negatif. Bukan hanya Twitter, komentar negatif juga jamak ditemukan di platform Facebook, Instagram dan YouTube. Tak jarang komentar ini mengganggu bagi sebagian besar orang.

Untungnya, sebuah perusahaan yang bernaung di bawah Alphabet, yakni Jigsaw telah mengembangkan ekstensi Chrome yang dirancang untuk membungkam komentar-komentar negatif di media sosial. Ekstensi itu bernama Tune.

Berbasis machine learning, Tune bakal memperkenalkan teknologi Jigsaw yang bernama Perspective. Teknologi ini membantu media sosial, seperti Facebook dan Twitter untuk mengatur kadar kekasaran komentar yang masih bisa ditoleransi. Bahkan dengan fitur "filter mix", pengguna bisa mengatur untuk membungkam seluruh komentar negatif dengan memasuki mode Zen. Namun, pengguna juga bisa menyeleksi komentar yang tidak akan ditampilkan, misalnya yang mengandung ancaman, penghinaan atau bersifat profan.

Dilansir dari Engadget (14/3), Jigsaw menyatakan bahwa Tune masih berupa eksperimen. Artinya, ekstensi ini belum sepenuhnya dapat mengenali komentar negatif. Di lain sisi, bisa saja Tune justru menghilangkan komentar yang sebenarnya tidak bersifat negatif.