Apa itu Quick Apps di Xiaomi dan bagaimana cara kerjanya?

Oleh: Hieronimus Patardo - Jumat, 15 Nov 2019 14:30 WIB

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Xiaomi memiliki sebuh fitur bernama Quick Apps. Fitur ini sekilas mirip dengan Instant App di Google Play Store.

Source: Xiaomi

Xiaomi menjadi salah satu vendor yang menggempur pasar tanah air dengan beragam produk. Seperti halnya merek ponsel Android di pasar, selain menjalankan sistem operasi Android di dalamnya, Xiaomi juga memberikan MIUI. Ini merupakan ROM hasil modifikasi Xiaomi untuk semua ponsel buatannya. 

ROM inilah yang bertanggung jawab untuk antarmuka, animasi dan sejumlah fitur yang bakal dimiliki smartphone Xiaomi. Saat ini, MIUI sudah memasuki versi ke-11. Xiaomi sendiri sudah membagikan jadwal penerimaan MIUI 11 untuk smartphone buatannya. Hampir semua smartphone Xiaomi akan menerima MIUI 11 sampai akhir tahun ini. Namun tahukah kamu, kalau di dalam MIUI terdapat sebuah aplikasi bernama Quick Apps? 

Aplikasi ini awalnya bernama Directs Apps, namun saat ini sudah berganti menjadi Quick Apps. Sedangkan pada laman Get App (toko aplikasi milik Xiaomi), pengguna bisa menemui aplikasi ini dengan nama Quick Application Service Framework. 

 

Lantas apa sebenarnya Quick Apps itu?