3 Faktor utama transportasi online masih diminati selama pandemi

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 18 Jan 2022 16:32 WIB

Transportasi online telah berhasil mengubah perilaku perjalanan seseorang selama pandemi, menurut peneliti Universitas Gadjah Mada.

Source: Pexels

Peneliti Pusat Kajian Transportasi & Logistik (PUSTRAL) Universitas Gadjah Mada, Dr. Eng. Muhammad Zudhy Irawan, S.T., M.T. memaparkan transportasi online telah berhasil mengubah perilaku perjalanan seseorang selama pandemi. Menurut Zudhy, ini adalah hal yang sulit dilakukan oleh sistem angkutan umum. 

Di tengah pandemi, transportasi online menjadi andalan masyarakat, karena selain sebagai moda transportasi, mereka juga dapat memenuhi kebutuhan lain seperti membeli makanan atau produk lainnya secara online. Transportasi online juga menunjukkan komitmennya dalam hal keamanan dan kesehatan pelanggan di era pandemi ini.

Lebih lanjut, Zudhy menyebutkan tiga faktor utama yang menjadi pertimbangan penumpang saat menggunakan jasa transportasi online selama pandemi.

1. Faktor Keselamatan Penumpang

Survey yang dilakukan Zudhy selama bulan Agustus menunjukkan penumpang merasa aman bepergian dengan transportasi online. Sebab, setiap perusahaan mewajibkan para driver atau mitranya melakukan vaksinasi Covid-19. Dengan demikian penumpang tidak khawatir menggunakan transportasi online selama pandemi.