10 alasan kenapa harus ganti HDD ke SSD

Oleh: Septa Amirudin - Rabu, 10 Feb 2021 16:39 WIB

Walaupun dari segi harga memang terlampau jauh, SSD tentunya menawarkan performa yang lebih baik ketimbang HDD.

Source: Pexels

Penyimpanan internal pada komputer atau laptop terdiri dari dua jenis, yaitu Hard Disk Drive (HDD) dan Solite Stade Drive (SSD). Keduanya tentu memiliki perbedaan baik dari sisi desain maupun fungsinya. Dari kedua jenis penyimpanan tersebut, manakah yang lebih unggul? 

Bagi sebagian orang yang menginginkan performa yang lebih tangguh, pilihan mereka jatuh kepada SSD. Walaupun dari segi harga memang terlampau jauh, SSD tentunya menawarkan performa yang lebih baik ketimbang HDD. Agar lebih jelas, simak beberapa alasan berikut yang akan menjelaskan kenapa kamu harus mengganti HDD dengan SSD.

1.    Mempercepat booting

Ketika perangkat komputermu dinyalakan, apakah terasa begitu lama? Kalau iya, cobalah ganti HDDmu dengan SSD. Sensasi menyalakan komputer hanya dalam hitungan detik akan kamu rasakan ketika kamu menggunakan SSD. 

2.    Kecepatan baca dan tulis lebih unggul
Karena SSD memiliki kecepatan yang lebih unggul dari HDD, tentunya SSD bekerja lebih baik. SSD memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 550 Mbps, sementara HDD kecepatan rata-ratanya mencapai 60 Mbps. HDD juga harus menunggu putaran sindle untuk mengakses data, lain halnya dengan SSD yang hanya menggunakan tenaga elektrik untuk mengakses data. Inilah mengapa kecepatan SSD lebih unggul dibanding HDD.