Review Xiaomi Mi TV 55 Indonesia, bagus enggak harus mahal

Oleh: Erlanmart - Rabu, 03 Jun 2020 09:37 WIB

Sistem operasi Android yang digunakan pada TV ini adalah versi Android 9.0 Pie. Antarmuka yang ditawarkannya sangat mirip dengan Smart TV berbasis Android kebanyakan.

Belum lama ini Xiaomi meluncurkan smart TV terbaru mereka di Indonesia dengan nama Mi TV 4 55. Spesifikasi utama Mi TV yang saya ulas kali ini adalah memiliki resolusi 4K, dukungan HDR, dan mengusung sistem operasi Android.

Ukuran smart TV ini cukup besar, yaitu 55 inci. Dari sisi desain, bezel smart TV ini memiliki ketebalan 11 mm. Jadi, yahh. Engga terlalu tebal sih, mirip seperti smart TV di kelasnya. Oiya, bezel ini agak lebih tinggi dari layar TV, jadi tetap terlihat jika TV dimatikan.

Fitur cukup lengkap

Dari sisi suara, fitur yang diberikan Smart TV ini adalah dukungan teknologi Dolby Audio serta DTS-HD sehingga menjanjikan pengalaman lebih baik saat menonton film. Oiya, Xiaomi melengkapi Mi TV 4 55 dengan sepasang speaker yang total kekuatannya 20 watt. Jadi masing-masing speaker 10 watt.

Sebelumnya, saya ingin kasih tahu sedikit mengenai teknologi layar yang digunakan Smart TV dari Xiaomi ini. Jadi pada dasarnya ini adalah LCD TV, tetapi penerangan di belakang filternya memakai lampu LED, bukan pake lampu fluorecent atau lampu neon. Makanya, TV ini bisa dibilang juga sebagai TV LED. Selain itu, penerangan LED di belakang layar LCD-nya pake metode DLED atau Direct-Lit LED. Artinya, lampu LED ada di belakang LCD, bukan di pinggir layarnya (Edge-lit LED).