Review Mi TV Stick: Otak buat TV biasa hingga TV jadul

Oleh: Erlanmart - Rabu, 30 Sep 2020 16:07 WIB

Tampilan menu utama Mi Stick TV sangat mirip dengan sistem operasi Android TV kebanyakan. Versi Android yang ada di Mi TV Stick ini adalah 9.0.

Mungkin beberapa di antara kalian masih memiliki TV plasma atau LCD dengan gambar berkualitas tinggi, tetapi belum masuk ke dalam kategori TV pintar atau smart TV. Ada juga yang berpikiran ingin menggantinya dengan smart TV tetapi merasa sayang karena kualitas gambarnya masih sangat baik. Apalagi bagi kalian yang memiliki TV plasma Pioneer Elite Kuro.

Sepertinya dilema tersebut akan segera sirna dengan bantuan Mi TV Stick yang beberapa waktu lalu secara resmi meluncur di Indonesia. Intinya, perangkat baru dari Xiaomi ini dapat mengubah TV biasa menjadi smart TV asalkan TV tersebut memiliki port HDMI.

TV biasa jadi smart TV

Seperti namanya, MI TV Stick memiliki ukuran yang cukup kecil dan memanjang. Menurut saya, ini lebih mirip flashdisk tetapi dengan bodi agak lebih besar. Berbicara seputar ukuran, perangkat ini hanya memiliki panjang 92,4 mm. Port yang digunakan untuk menyambungkan ke TV adalah HDMI. Intinya, Mi Stick TV mirip dengan pemutar media seperti Blu-ray namun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Jika Blu-ray player menampilkan film yang ada di kepingan Blu-ray, maka Mi TV Stick menampilkan sistem operasi Android TV di TV kamu. Itulah sebabnya, perangkat dari Xiaomi ini bisa dibilang dapat mengubah TV biasa menjadi TV pintar atau smart TV.