Review Lenovo ThinkPad X395, laptop bisnis praktis

Oleh: Erlanmart - Selasa, 28 Jan 2020 18:00 WIB

ThinkPad X395 berbeda dengan seri ThinkPad lainnya yang ditenagai oleh prosesor Intel, X395 dipersenjatai oleh prosesor AMD Ryzen.

Laptop yang dirancang untuk kebutuhan bisnis seringnya memiliki bodi berukuran minimalis dan baterai yang tahan lama. Hal ini dirancang demikian untuk kemudahan pengguna saat membawanya. Selain itu baterai berdaya tahan lama juga menjadi poin penting agar laptop tidak harus sering-sering diisi ulang. Kemudian yang tak boleh ketinggalan adalah performa yang bertenaga.

Ketiga faktor penting inilah yang ditawarkan laptop bisnis untuk mempermudah pekerjaan seperti presentasi proyek bersama klien atau skenario lainnya. Salah satu laptop yang hadir khusus untuk keperluan bisnis adalah Lenovo dari keluarga ThinkPad-nya. Model legendaris di versi baru ini hadir dalam seri ThinkPad X395 yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen. Simak ulasannya hingga tuntas ya Sahabat Tek!

Desain khas ThinkPad, hitam, industrial, minimalis

Lenovo masih tetap mempertahankan dna khas ThinkPad dengan desain minimalis, warna hitam dan kokoh mengotak. Pada seri X395 ukurannya berkisar 312 x 217,2 x 17,8 mm dengan bobot hanya 1,28 kg. Dengan dimensi dan bobot yang dimilikinya, ThinkPad X395 bisa dimasukkan ke dalam ransel saya dengan mudah dan tidak membuat punggung saya cepat pegal.

Ukuran layar X395 adalah 13,3 inci dengan tepian bezel yang tipis di kanan kiri, namun cukup tebal di sisi atas bawah. Lenovo sengaja merancang bezel atas yang cukup lebar agar dapat memuat beberapa komponen seperti kamera beresolusi HD, penutup keamanan kamera (Lenovo menyebutnya sebagai ThinkSutter), dan mikrofon.